Resep Pepes Tahu Bakso

Resep Pepes Tahu Bakso

Sebagai jenis olahan dari kedelai, tahu memang merupakan makanan rakyat. Bahan masakan satu ini dapat kamu goreng dan nikmati sebagai lauk. Kamu juga bisa mencoba berbagai macam variasi lauk olahan tahu, salah satunya adalah pepes tahu. Ya, menu vegetarian ini memiliki tekstur yang lembut, rasa yang ringan, dan juga menyehatkan.

Jenuh dengan menu pepes tahu yang itu-itu saja? Ada banyak lho kreasi resep pepes tahu yang bisa kamu coba sebagai variasi. Makan bersama keluarga pun pastinya akan terasa semakin nikmat dengan kehadiran lauk satu ini.

Walaupun pepes tahu memang memiliki kelezatan tiada tara, hidangan ini kurang menarik buat anak-anak karena rasa tahu yang tergolong sangat soft. Padahal pepes tahu adalah salah satu hidangan yang menyehatkan. Apalagi buat anak-anak yang memang membutuhkan asupan protein sebanyak mungkin.

pepes tahu bakso

Eits, tapi kamu tidak perlu galau! Karena kamu dapat menambahkan irisan-irisan bakso untuk membuat pepes tahu jadi terlihat makin appetizing. Cara membuat pepes tahu ini sangatlah mudah, lho. Simak step by stepnya berikut ini, yuk!

Bahan-Bahan Pepes Tahu Bakso:

Baca  Juga : Resep Bolu yang Super Mudah dan Enak

  • 5 buah tahu kuning
  • 4 butir bakso sapi
  • Daun bawang secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bumbu-bumbu (gula, garam, dan kaldu jamur) secukupnya
  • 1 butir kemiri
  • 1 ruas kencur
  • 2 butir bawang merah
  • 1 butir bawang putih
  • 1 butir telur

Cara Membuat Pepes Tahu Bakso:

mengkukus pepes

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, kemiri dan kencur hingga halus, sisihkan.
  2. Tambahkan gula, garam, dan kaldu jamur, sisihkan.
  3. Ulek tahu hingga benar-benar halus di wadah terpisah.
  4. Cincang daun bawang dan kocok telur.
  5. Potong bakso menjadi irisan kecil-kecil.
  6. Tuangkan bumbu yang dihaluskan, telur, bakso, dan daun bawang ke dalam wadah berisi tahu yang sudah dihancurkan. Tambahkan beberapa helai daun kemangi sebagai penyedap rasa
  7. Aduk semua bahan hingga rata.
  8. Masukkan adonan di atas daun pisang. Lakukan hingga seluruh adonan habis (Langkah ini opsional. Kamu bisa skip ke langkah selanjutnya jika memutuskan untuk menyajikannya begitu saja di piring).
  9. Untuk semakin menambah kenikmatan, kamu dapat memanggang pepes tahu bakso ini di dalam oven selama beberapa detik saja.
  10. Angkat pepes tahu dan sajikan.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sambal yang Menggoda Selera

Gampang, kan? Kamu pun pasti semakin giat memasak untuk keluarga dengan kemudahan berbelanja bahan-bahan masakan secara online. Saat membeli, pastikan kamu menyertakan ShopBack. Dengan begitu, aktivitas memasak sarapan pagi dijamin akan terasa semakin mudah dan hemat waktu serta dapat cashback.