Resep Roti Kukus Ombre Terbaik

Resep Roti Kukus Ombre Terbaik

Jajanan roti kukus ini cukup melegenda di banyak daerah di Indonesia. Setiap hajatan, pesta ataupun kumpul keluarga, jajanan ini sering hadir membuat acara semakin meriah. Rasanya sesuai dengan lidah anak-anak, remaja hingga orang tua sekalipun. Kini pun banyak kreasi resep roti kukus yang tak hanya lembut, bentuknya pun lucu, unik dan menggemaskan membuat siapa saja yang yang melihatnya tertarik memakan roti kukus ini.

Roti Kukus Ombre

Bagi para orangtua yang di rumah, sangat tepat jika menghidangkan roti kukus dengan salah satu resep roti kukus di bawah ini. Selain kreasi roti tawar dan roti goreng untuk sarapan, roti kukus juga sangat enak sebagai pengisi perut dikala pagi. Dengan jajanan lezat ini, ibu bisa mengontrol orang rumah untuk tidak jajan sembarangan di luar yang belum tentu higienis dan sehat.

Baca Juga : Aneka Ragam Masakan Berbahan Dasar Daging sapi

Jika kamu bosan dengan roti kukus yang biasa maka cobalah resep roti kukus yang satu ini. Cukup berbeda dengan roti kukus pada umumnya, wangi pandan sangat menggugah seleramu. Rasa dan kelembutannya bisa diadu dengan roti branded di pasaran yang harganya cukup mahal. Topping keju juga menyeimbangkan rasa dan cocok dengan pandan yang segar. Untuk menciptakan ombre warna lin seperti pink atau ungu, kamu tentu bisa menggunakan pewarna dan essence yang berbeda. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan Roti Kukus Ombre:

  • Pasta pandan
  • Buttercream
  • Keju
  • 5 butir telur ukuran sedang
  • 250 gram gula pasir
  • 220 gram tepung terigu protein rendah/sedang
  • 3 ons tepung maizena
  • 1/4 sdt vanili
  • Sejumput garam
  • 100 ml minyak sayur
  • 120 ml santan
  • 50 ml susu

Cara Membuat Roti Kukus Ombre:

Bahan Roti Kukus Ombre

Baca Juga : Cara Membuat Bistik Sapi Super Enak

  1. Campurkan tepung, vanili, dan garam lalu ayak, sisihkan. Jadi satukan pula semua minyak sayur, santan, dan susu, lalu aduk rata. Selanjutnya, campurkan semua bahan yang sudah diayak dengan telur dan gula pasir, mixer menggunakan kecepatan paling tinggi selama sekitar 10 menit hingga bahan berwarna putih dan mengental.
  2. Setelah mengental, masukkan adonan minyak sayur, santan, dan susu. Jangan lupa diaduk ulang, dengan kecepatan sedang. Pastikan semua bahan ini telah tercampur rata.
  3. Bagi adonan ini menjadi empat bagian sama rata. Bagian satu tambahkan 1/8 sdt pasta pandan dan 1/2 sdt tepung terigu. Kedua, tambahkan 1/4 sdt pasta pandan dan 1/2 tepung terigu. Bagian tiga, tambahan dengan 1/2 sdt pasta pandan dan 1/2 sdt tepung terigu. Dan bagian terakhir tambahkan 1 sdt pasta pandan dan 1/2 tepung terigu.
  4. Aduk adonan yang telah terbagi-bagi tersebut hingga rata. Masukkan masing-masing adonan pada plastik segitiga agar mudah menuangkan.
  5. Panaskan dandang hingga air mendidih dan siapkan loyang dan dengan kertas baking. Jangan lupa untuk mengolesi permukaan loyang dengan minyak agar tidak lengket. Tuang adonan dengan warna hijau yang paling tua terlebih dahulu dan masukkan ke dalam dandang.
  1. Kukus selama 8 menit dengan api sedang. Jangan lupa untuk menutup dengan serbet atau kain ya agar embun tidak menetes ke bahan. Biarkan jangan dibuka tutup agar adonan mengembang dengan sempurna. Setelah 8 menit tuang lapisan paling hijau kedua. Hentakkan loyang sebelum ditutup kembali. Lakukan hal yang sama hingga lapisan paling muda. Kukus selama 15 menit setelah lapisan terakhir dimasukkan.
  2. Biarkan roti dingin terlebih dahulu kemudian tuangkan buttercream dan taburkan pula keju yang sudah diparut. Potong menjadi bagian yang siap dimakan.