Resep Takoyaki Ala Indonesia

Resep Takoyaki Ala Indonesia

Makanan khas Jepang yang mudah ditemukan di Indonesia khususnya di pinggiran jalan dan banyak digandrungi masyarakat adalah takoyaki. Bentuk camilan ini cukup imut karena menyerupai bola-bola kecil yang memiliki diameter sekitar 3 hingga 5 cm. Bahan dasar pembuatan resep takoyaki sendiri adalah adonan tepung terigu ditambah dengan potongan gurita di dalamnya dan dicetak menggunakan cetakan khusus.

Bahan Takoyaki

Walaupun berasal dari Jepang, namun takoyaki sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya peminat makanan ini membuat resepnya mudah ditemukan di internet. Memang, cara membuat takoyaki dapat dikatakan simpel dengan bahan yang mudah ditemukan. Apabila kamu ingin membuat takoyaki sendiri yang kenyal dan enak di rumah. Maka sebaiknya simak ulasan berikut ini mengenai informasi beberapa resep dan bahan yang perlu kamu persiapkan.

Takoyaki ala Indonesia hanya berbeda pada bahan yang digunakan, yakni bahan yang mudah dicari dan lebih simple. Kamu hanya memanfaatkan telur ayam dan kaldu ayam atau daging yang mudah sekali dibeli di pasar. Apabila kamu ingin membuat takoyaki ala Indonesia, sebenarnya bahan dan cara buatnya cukup mudah. Tentunya semua bahan yang digunakan untuk membuat takoyaki dapat disesuaikan dengan Indonesia. Sehingga dijamin rasanya tidak kalah enak dan sesuai dengan lidah Indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Asinan Buah

Berikut Bahan-bahan Resep  Takoyaki Ala Indonesia:

  • Tepung terigu 150 gram dengan kandungan rendah protein yang menjadi bahan utamanya
  • 2 butir telur ayam ukuran sedang dan kocok lepas di wadah yang berbeda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 120 ml susu cair
  • 5 gram katsuobushi yang akan dicampurkan ke dalam adonan Takoyaki
  • 1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam atau daging
  • 350 ml air bersih
  • Mayonnaise secukupnya sesuaikan dengan selera
  • Saus sambal secukupnya sesuaikan dengan selera

Cara Membuat Takoyaki ala Indonesia:

Memasak Takoyaki

Baca Juga : Tiga Resep Telur Balado yang Lezat

  1. Rebuslah katsuobushi bersama dengan air yang kamu pastikan sudah benar-benar mendidih sebelumnya. Kemudian diamkan dengan api kecil kurang lebih selama 5 menit.
  2. Setelah itu matikan api dan tunggu hingga dingin, setelah itu saring, langkah ini bisa kamu skip dulu jika tidak menggunakan katsuobushi.
  3. Masukkan susu cair yang telah disiapkan dan aduk bersama katsuobushi di atas sampai benar-benar tercampur rata. Tuang kaldu bubuk ke dalam wadah, selanjutnya kamu aduk kembali sampai tercampur rata. Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok lepas dan aduk bersama bahan adonan resep takoyaki.
  4. Kemudian siapkan wadah baru untuk mencampurkan tepung terigu yang rendah protein bersama baking powder. Setelah itu aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata. Masukkan campuran tepung yang tadi sudah disiapkan, yaitu ke dalam wadah berisi susu cair dan aduk kembali sampai tercampur rata. Saring adonan diatas dulu supaya tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.
  5. Siapkan cetakan untuk membuat takoyaki dan tunggu sampai benar-benar panas. Jangan lupa cetakan dioles terlebih dahulu menggunakan margarin di atasnya. Tuangkan adonan takoyaki yang sudah tercampur rata ke dalam cetakan sesuai dengan selera, setelah itu langsung beri isian gurita atau bahan lain sesuai selera.
  6. Setelah Takoyaki sudah matang yaitu ketika warnanya berubah kuning kecoklatan, angkat dan sajikan.