Singkatan Camilan Khas Sunda Ini Hits dan Unik

Dari makanan berat hingga sekadar camilan khas Sunda, semuanya sangat menggugah selera, dan pastinya akan ketagihan deh! Tapi, apakah kamu sudah pernah mencoba camilan khas Sunda yang namanya berupa singkatan berikut ini.

  1. Batagor (Bakso Tahu Goreng)

Batagor

Camilan ini berupa bakso dari campuran daging ikan tenggiri, tepung tapioka dan bumbu lainnya yang dibalut dengan kulit pangsit lalu digoreng kering. Disajikan dengan potongan tahu goreng, disiram bumbu kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Tambahkan saos atau sambal untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas.

Camilan khas Sunda yang satu ini pasti sudah banyak tersedia bukan hanya di kota asalnya saja, Bandung, tapi juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Kamu pasti pernah coba yang satu ini kan?

baca juga : Lima Makanan Khas Tokyo

  1. Basreng (Bakso Goreng)

Basreng

Kalau cemilan khas Sunda yang satu ini berupa keripik olahan bakso ikan yang kemudian diiris tipis dan digoreng lalu diberi bumbu. Keripik basreng ini populer di kalangan anak-anak karena biasanya dijual di lingkungan sekolah ataupun warung kecil. Tapi dewasa ini seiiring kecintaan banyak orang dengan olahan bakso yang satu ini, banyak usaha rumahan yang menjual basreng aneka rasa ke lingkungan yang lebih luas, jual beli online.

  1. Cireng (aci digoreng)

Cireng

Bahan dasar pembuatannya yaitu tepung kanji atau biasa disebut aci, bentuknya pipih atau terkadang lonjong tak beraturan. Setelah adonan selesai dibentuk, akan digoreng hingga bagian luarnya kering. Nikmatnya, bagian dalam cireng masih agak basah dan kenyal. Orang Sunda biasanya menikmati cireng dengan bumbu cocolan, seperti bumbu rujak atau bumbu kacang. Saat ini sudah sangat banyak ditemukan inovasi cireng dimanapun, dengan berbagai isian dan bumbu.

  1. Cilok (aci dicolok)

Cilok

Cilok juga salah satu camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan air. Adonan ini lalu diaduk hingga lentur dan liat, terkadang diberi isian seperti irisan daging ayam atau telur bahkan kornet. Sebelum direbus atau dikukus akan dibentuk bulat menyerupai bakso terlebih dahulu. Cilok yang sudah matang disiram dengan bumbu kacang atau kecap, dan cara makannya dengan dicolok.

baca juga : Makanan Khas Riau yang Enak

  1. Cimol (aci sa-cemol)

Cimol

Olahan tepung kanji (aci) yang dibuat bulat-bulat kecil dan digoreng ini biasanya dijual di pinggir jalan area persekolahan ataupun dengan gerobak keliling. Soal harga? Sangat terjangkau! Dengan hanya membayar Rp.2000,- hingga Rp.5000,-an saja kamu bisa menikmati cimol hangat dengan pilihan bumbu tabur sesukamu. FYI, cimol bisa juga kita sebut sebagai perpaduan antara cireng dan cimol.