Surganya Masakan Nusantara

Surganya Masakan Nusantara – Ditengah-tengah hingar bingar menu masakan Barat yang menjajah Indonesia, masih ada beberapa resto yang mengangkat menu masakan nusantara. Restoran Mendjangan yang berada di teritori Kemang, Jakarta Selatan, adalah diantaranya.

Bermula dari resep dapur katering yang dibuat semenjak 2005, ibu rumah-tangga namanya Mourina Irawan mantap mengangkatnya dalam satu restoran memiliki konsep city resort.

Interior Restoran Mendjangan

Wanita yang dekat dipanggil Mona ini menjelaskan, kesenangannya pada menu masakan nusantara membuat bercita-cita makin beberapa orang bisa nikmati sajian dari bermacam wilayah di Indonesia ini.

Baca Juga : Rawon Steak ala Chef Revo

Resto Mendjangan Merupakan Salah Satu Resto yang Terkenang di Jakarta

“Umumnya katering cuma bisa di nikmati di saat khusus saja, seperti arisan keluarga, pernikahan, dan lain-lain. Nah, dengan hadirnya resto ini saya mengharap kesemua orang dapat nikmati masakan nusantara kapan saja tanpa ada menanti saat khusus saja, ” tutur Mona waktu Grand Opening Mendjangan Restoran di Jakarta, waktu lalu.

Menu Restoran Mendjangan

Nama ‘Mendjangan’ menyengaja diambil Mona dengan filosofi, hewan Menjangan atau rusa mempunyai karakter yang benar-benar menarik, yakni bisa hidup di tengahnya lingkungan yang padat seandainya ada air serta rumput. Disamping itu menjangan berkekuatan serta kecepatan dalam lari.

“Berdasar karateristik ini, kita ingin Restoran Mendjangan cepat diketahui oleh warga luas dalam soal menyediakan masakan nusantara yang kuat dari rasa serta bumbu rempah-rempah ciri khas nusantara, ” lebih ia.

Sedang dipilihnya ejaan lama dengan memakai “dj” di kata Mendjangan, Mona menjelaskan, ini mempunyai tujuan untuk memperlihatkan jika cita rasa masakan nusantara yang diberikan ialah masakan rumahan yang telah ada semenjak jaman dulu, tetapi dikemas berbentuk kekinian dari sisi penyajiannya.

Interior dan Tata Ruang yang Sangat Bagus Membuat Nyaman Pengunjung

Dari sisi interior, Mona menyebutkan jika restoran Mendjangan memiliki konsep city resort dimana ada di tengahnya gedung tinggi tetapi tawarkan kesejukan didalamnya. Dialek kayu memimpin sisi depan resto yang bisa mereduksi panas matahari saat siang hari sekaligus juga membuat situasi rumahan.

Tata Ruang Restoran Mendjangan

Tata ruangannya terdiri dari tiga ruang makan yang besar, yakni ruang makan dalam, ruang makan taman kering, serta ruang makan kolam renang, untuk memberi pilihan situasi sesuai hasrat pengunjung.

Untuk menasbihkan ide masakan nusantara yang diusungnya, Mona menyengaja menyelipkan detail-detail kerajinan ciri khas indonesia yakni anyaman rotan yang diterapkan pada anyaman plafond serta anyaman sofa dan skema fundamen batik parang rusak yang disederhanakan pada design partisi.

Ide masakan di Restoran Mendjangan sendiri, katanya, terbagi dalam prasmanan serta ala carte. Hingga pengunjung dapat ambil sendiri lauk pauk yang diambil atau pesan langsung di meja pada waiter.
Baca Juga : Kuliner Khas Kota Batu

Beberapa menu jagoan dari Restoran Mendjangan diantaranya Selat Solo, Nasi Bali, Nasi Campur ala Mendjangan, Ayam Besengek, Soto Padang, serta ada banyak lagi. Ada juga puding mangga serta sus fla durian untuk menu penutup.

Sedang untuk menu minumannya pengunjung dapat pilih bermacam jamu dari Suwe Ora Jamu serta bermacam kopi nusantara. “Kekhasan kami dibandingkan restoran lain ialah cita rasa yang jujur alias tidak dikawinkan dengan cita rasa masakan negara lain, kami lebih ke masakan rumahan yang bisa di nikmati tiap hari.