Tips Membuat Kuah Bakso

Tips Membuat Kuah Bakso

Bakso merupakan hidangan yang berupa daging giling dan tepung tapioka yang terbuat dari berbagai macam daging sapi, ayam, ikan, udang, atau kerbau. Penyajian bakso dilengkapi dengan kuah kaldu biasanya bening yang dicampur dengan mi kuning atau bihun, tahu, siomay, goreng, dan aneka pelengkap lainnya.

Membuat Kuah Bakso

Bakso berawal mula dari paduan kuliner Tionghoa dan Indonesia. Kata bakso berasal dari kata Bak-So dalam Bahasa Hokkien yang berarti ‘daging giling’. Daerah yang dikenal sebagai pusat bakso adalah Wonogiri, Solo, dan Malang. Bakso yang ada di Indonesia berbentuk bulatan berwarna abu-abu dengan kuah bening.

Agar menghasilkan semangkuk bakso yang enak, kuncinya adalah dengan membuat kuah bakso yang enak. Kunci dari kuah bakso enak adalah dengan beberapa bahan kuah bakso berkualitas. Salah satunya adalah kaldu. Kaldu adalah hasil rebusan daging, lemak, dan tetelan yang telah direbus lama.  Berikut beberapa trik resep kuah bakso yang sedap dan enak. Simak ya!

Berikut Tips Membuat Kuah Bakso yang Sedap

Baca Juga : Menu Makanan Khas Banten

Rahasia Kuah Bakso

  • Daging dan lemak yang digunakan untuk resep kuah bakso dari kaldu yang enak adalah yang berupa sandung lamur. Selain itu, tetelan daging sapi yang terdepat potongan lemak. Lemak yang digunakan sebagai kaldu membuat kaldu menjadi gurih dan enak. Lemak yang ada pada daging dan tetelan yang digunakan untuk kaldu juga tidak boleh berlebihan jumlahnya karena akan membuat kaldu terlalu berminyak maupun gurih.
  • Rebus daging dan lemak menggunakan air yang cukup untuk membuat kaldu kuah bakso. Untuk merebusnya, kamu bisa memasukkan potongan daging atau tetelan yang sudah dipersiapkan tadi. Saat mendidih, kamu perlu membuang kotoran yang ada pada air kaldunya. Rebus kembali daging atau tetelan hingga daging lebih empuk. Pastikan untuk menggunakan api kecil saat merebusnya agar kaldu tidak terlalu berwarna keruh.
  • Bumbu yang digunakan untuk resep kaldu bakso adlah tumisan bwang putih yang telah dicincang sebelumnya, beberaapa butir merica, dan batang daun bawang yang diiris besar-besar. Untuk rasa yang lebih sedap, kamu bisa memberikan kaldu atau perisa rasa secukupnya. Rebuslah hingga kaldu menyusut menjadi seperempat kemudian angkat bahan-bahan pembuat kuah.
  • Untuk kaldu kuah bakso yang lebih bersih, kamu wajib menyaring kuah kaldu agar kuah lebih nikmat dan awet untuk dikonsumsi. Untuk sentuhan rasa terakhir, kamu bisa menambahkan garam secukupnya agar rasa kuah kaldu muncul. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan pelengkap bakso seperti bolah-bola bakso, tahu, siomay, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Makanan Khas Sumatera Barat

Setelah mengetahui kunci resep kaldu untuk kuah bakso yang sedap tadi, kamu bisa melanjutkan membuat aneka resep kuah bakso yang bisa kamu coba di rumah. Simak resep kuah bakso mudah dan pastinya enak untuk kamu icip di rumah.